Pages

Kompilasi Add-Ons Mozilla Firefox

Saya lebih sering menggunakan Mozilla Firefox untuk browsing, downloading, uploading, salah satu kelebihan Firefox menurut saya selain cepat adalah banyaknya add-ons yang tersedia serta sering di-update. Karena akses internet saya yang tidak begitu bagus, maka saya mengakalinya dengan menggunakan beberapa add-ons Firefox untuk mempermudah surfing internet.

Berikut ini beberapa Add-ons yang saya gunakan di Firefox 3.6.13 ( saya belum menggunakan Firefox terbaru ) :



1. AdBlock Plus by Wladimir Palant

Digunakan untuk blok iklan-iklan yang ada di internet, serta ngeblok malware. Bisa disetting sesuka anda, tapi kalau saran saya, jangan blok flash sama java. Flash perlu untuk Youtube, game online kayak game Facebook, dan lain-lain. Java kadang banyak situs yang perlu java untuk uploading dan lain-lain, contohnya situs upload foto, seperti Photoserver.ws.


2. Adblock Plus Pop-up by Jesse Hakanen

Untuk menambah kemampuan ngeblok AdBlock Plus, berfungsi untuk ngeblok pop-ups secara otomatis. Karena secara default, Adblock Plus tidak memblok pop-ups.


3. Element Hiding Helper by Wladimir Palant

Untuk ngeblok iklan text, kita juga bisa memilih sendiri apa yang ingin di blok. Kalau ingin mengeblok secara manual, klik icon AdBlock Plus lalu pilih "Select element to hide" atau CTRL+Shift+K, pilih sendiri, nanti juga akan muncul petunjuknya. Kalau ingin mengembalikan apa yang sudah kita blok, tinggal klik AdBlock Plus icon lalu pilih "Open blockable items" atau CTRL+Shift+V. Text/img/dll yang terblok itu yang berwarna merah dan ada tulisan "hidden", untuk mengembalikannya kita klik kanan pada text berwarna merah itu, lalu pilih "Disable filter ..........."


4. NoScript by Giorgio Maone

Untuk memproteksi Firefox, tapi add-ons ini juga suka memblok flash,java, dll. Jadi kalau menurut saya agak repot memakai add-ons ini, memang lebih cepat, tapi kalau harus kerja dua kali mah saya jadi males haha. Kalau anda pengguna awam, saya sarankan jangan pakai add-ons ini, tetapi kalau anda ingin mencoba-coba seperti saya (pusing sedikit gapapa lah, namanya belajar), maka coba saja hehe...


5. Ghostery by David Cancel, Felix Shnir

Untuk ngeblok iklan dan web-web berbahaya, sekarang juga ada pilihan untuk ngeblok cookie, tetapi masih beta. Saya suka iconnya haha.. gambar hantu..


6. Greasemonkey by Anthony Lieuallen, Aaron Boodman, Johan Sundstrom

Kalau pakai ini, anda bisa ngutak-atik tampilan web dan memberi tambahan-tambahan lain menggunakan JavaScript. Javascriptnya tidak perlu buat sendiri, bisa download di situs2. Contoh : userscripts.org


7. iMacros by iOpus

Nie add-ons sering saya gunakan untuk mengambil screenshot dari suatu halaman web. Gambar yang dihasilkan jelas pada saat di zoom, dan typenya .PNG. Tetapi tidak bisa membuat selection.


8. Phzilla by AndyPo

Fungsinya sama dengan anonymous proxy, yaitu untuk buka web yang diblok. Saya suka menggunakan ini karena otomatis haha... jadi tidak perlu cari-cari proxy, dan proxy web sendiri hehe..


9. ImageHost Grabber by cybormatt

Ini image host grabber kesukaan q, gampang dan cepet. Cuman sayang, terkadang ada yang tidak terbawa, misalnya gambar dari photoserver, atau image host lokal.


10. Video DownloadHelper by mig

Ini, untuk download Youtube atau web semacam Youtube lainnya, atau swf. Pilihannya termasuk lengkap, bisa menangkap beberapa macam video, tetapi kualitas HD di Youtube tidak sama dengan qualitas video type .mkv, .avi, .ts


11. FlashGot by Giorgio Maone

Sama seperti add-ons di atas. Bisa digunakan dengan IDM.





Sebenernya ada lagi, tapi yang lain cuman tambahan saja. Jadi silahkan anda cari-cari dan coba-coba sendiri.

sumber: addons.mozilla.org