Pages

Kumpulan materi Teori Bahasa Otomata / Automata

Pengertian Teori Bahasa Otomata
oleh tbouad



Teori Bahasa

Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor). Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama. Sebuah bahasa formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda. Dikatakan bahasa formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya.

Bahasa manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan disebut ‘bahasa’ saja.



Automata

Automata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima (accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu.


***


Teori bahasa dan automata merupakan salahsatu komponen ilmu informatika, teori ini merupakan ide dan model fundamental yang mendasari sebuah system komputasi, teori ini juga bisa disebut sebagai sebuah teknik rekayasa untuk perancangan system komputasi.

Beberapa bidang ilmu lain yang mendukung pengembangan metode komputasi :

1. Biologi

Mempelajari jaringan neuron yang mengilhami ditemukanannya finite automata.

2. Rangkaian Elektronika

Mempelajari teori switching sebagai perancangan perangkat keras menggunakan finite automata.

3. Matematika

Mengembangkan system logika yang berguna untuk masalah pembuktian automata.


Beberapa model komputasi dalam automata:

1. Finite automata (FA) (contoh : Mesin jaja/ vending machine)

Sering juga disebut dengan Finite State Automata (FSA). Terdiri dari Deterministic Finite Automata (DFA) dan Non Deterministik Finite Automata (NDFA). Teori dasar dari FA sangat umum yaitu system pada saat berada di salahsatu state dari sejumlah state bergerak diantara state-state secara dapat diproduksi yang bergantung pada masukan ke system. Salah satu penerapannya adalah kompilasi/translasi bahasa pemograman tingkat tinggi menjadi bahasa mesin yang ekivalen. Finite automata merupakan jenis otomata yang tidak memiliki memori sementara, FA adalah kelas mesin dengan kemampuan paling terbatas.

2. Pushdown Automata (PA) (Contoh : Running text)

Terdiri dari Deterministic Pushdown Automata (DFA) dan Non Deterministik Pushdown Automata (NDFA). PA memiliki memori sementara dengan mekanisme stack LIFO (Last In First Out).

3. Turing Machine (TM) (Contoh : netbook)

Memiliki mekanisme Random Access Memory.


***


Berikut ini adalah kumpulan materi-materi Teori Bahasa Otomata / Teori Bahasa Automata ( TBO ) yang saya dapetkan dari hasil searching di google. Saya pribadi, jadi lebih nyambung setelah nonton video kuliah yang menggunakan bahasa Inggris >w< i don't know guys.. my Indonesian sucks yuck,, totally ashamed of my self..

1. tbouad : ini kayaknya situs buatan dosen deh, dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Ada contoh-contoh soal dan jawaban juga :] jarang2 lho ada dosen yang baik dan mau berbagi kayak gni, biasanya diprotect, jadi cmn mahasiswa dia aj yang buka n liat-liat.

2. nptelhrd : saya salut sama yang ini, dosennya jelasin satu-satu sampe jelas, terharu T^T tapi maklum ya, dosen-dosennya orang India, jadi Bhs Inggrisnya rada gak jelas gitu, tapi saya sih nyambung-nyambung aja :]




3. Coderisland : klo ini.... nonton sendiri aja deh xD partnya ada banyak, tapi size filenya kecil-kecil koq, jadi mampir aja ke channelnya dia :)



4. profbbrown : dari comment-commentnya sie, sepertinya mereka pada puas sama penjelasan dia :]





cr; as tagged